Tips Sukses Membuka Usaha Franchise buat Pemula

"Jendela dunia |
Siapa sih yang tidak mengenal urusan ekonomi franchise? Sekarang ini perjuangan waralaba atau franchise tengah populer di masyarakat tanah air. Permintaan masyarakat akan urusan ekonomi franchise sangat tinggi di tengah sulitnya menerima lapangan pekerjaan maka alternatifnya sebagian orang lebih memilih untuk membuka usaha. Namun bagi seorang pemula bila ia membuka perjuangan dari nol sangat rawan dari kebangkrutan karena tiadanya pengalaman urusan ekonomi dan pengetahuan. Seperti sebuah penelitian dari ilmuwan Inggris yang menyatakan 90 persen perjuangan gulung tikar di tahun pertama. Sedangkan sisanya berhasil. Oleh alasannya itu , untuk menghindarkan dari kerugian urusan ekonomi semenjak buka pertama maka langkah sempurna yakni memilih jenis perjuangan waralaba yang sudah terbukti menguntungkan dan terlaris.

Untuk mencari  bisnis waralaba atau franchise yang dijamin menguntungkan , laris manis dan digemari pembeli tak mampu mengandalkan informasi dari pihak franchisor sendiri. Seringkali mereka melebihkan nama dan franchisenya secara subyektif. Untuk lebih objektif , teman mampu mengetahui laku tidaknya franchisor tersebut dengan bertanya eksklusif kepada pihak para pembeli waralaba itu selain informasi dari pihak franchisor. Hal itu untuk mencegah kerugian dalam membuka perjuangan franchise. Agar teman sebagai pemula dalam urusan ekonomi mampu sempurna dalam memilih jenis perjuangan franchise dan sukses menjalankannya.

Tips Sukses Membuka Usaha Franchise buat Pemula
Tanpa panjang lebar , berikut ini tips dan trik yang harus diperhatikan oleh pemula dalam memilih dan membuka perjuangan franchise semoga sukses dan berkembang pesat antara lain :

Jangan Gampang Terpedaya
Jangan mudah percaya dengan janji-janji yang diberikan pada brosur atau iklan , apalagi terhadap perantara franchise. Seringkali info yang franchisor berikan bersifat subjektif dan semu. Hal ini tak terlepas dari mereka ingin laku terhadap produknya dan laris manis terhadap urusan ekonomi waralabanya. Sehingga segala daya upaya dilakukan termasuk membuat iklan yang bombastis. Oleh karena itu , langkah bijak yakni mencari informasi sedetailnya mengenai waralaba tersebut kepada pihak ketiga , selain pihak kesatu dan kedua. Misalnya bertanya kepada para pembeli franchise atau berkonsultasi eksklusif kepada pakar urusan ekonomi franchise yang terpercaya dan sudah pernah terjun eksklusif ke lapangan atau berpengalaman.

Hal di atas dilakukan semoga informasi yang didapatkan bersifat akurat , objektif dilihat dari banyak sekali sudut pandang untuk mencegah kerugian di masa mendatang. Sebab seringkali orang tergiur dengan komitmen manis pihak franchisor yang tercantum pada iklan dan brosur yang pada akibatnya membuat pembeli waralaba kehabisan uang , reputasi , hidup , dan masa depan karena komitmen yang mereka berikan tak terbukti.

Jangan Mau Cepat Kaya
Bisnis waralaba bukan perjuangan cepat kaya dalam waktu cepat. Tidak ada yang instant di dunia ini. Kalau sesuatu didapatkan secara instant maka akan cepat rusak dan hilang. Begitu pula dalam perjuangan franchise tidak mampu cepat kaya dengan melaksanakan perjuangan ini. Semuanya tetap memerlukan proses. Iming-iming iklan sebuah waralaba dengan cepat balik modal atau cepat kaya yakni komitmen yang bias. Untuk sukses dan kaya raya dalam urusan ekonomi franchise memerlukan proses waktu , kesabaran dan kerja keras.

Jangan Memilih Waralaba Karena Murah
Jangan pernah membeli waralaba disebabkan harga yang murah meriah. Karena pihak franchisor memerlukan dana besar untuk membuatkan perjuangan dan bisnisnya. Oleh alasannya itu , pihak franchisor mengambil royalty dan fee dari pihak franchisee untuk membangun urusan ekonomi lebih besar lagi. Pendek kata , apabila teman hendak menentukan sebuah perjuangan waralaba maka jangan pernah sekali-kali memilih waralaba yang dibanderol dengan harga sangat murah. Karena itu cenderung murahan tanpa didukung oleh sistem administrasi , pelatihan dan promosi yang kuat.

Mengetahui Tujuan Usaha Waralaba
Tujuan sama mirip sebuah peta yang akan menggambarkan ke mana arah urusan ekonomi dan kehidupan anda hendak dibawa. Begitu penting sebuah tujuan sehingga Steven Covey dalam bukunya Seven Habits memasukkan sikap yang memiliki tujuan yang terang dalam daftar kebiasaan orang sukses. Jika anda tidak mempunyai tujuan maka hidup anda akan berputar-putar tanpa arah. Begitupula dalam perjuangan waralaba yang hendak dijalani , teman harus mempunyai tujuan yang jelas.

Tujuan dalam urusan ekonomi waralaba mungkin berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang memasuki perjuangan franchise dikarenakan mau mencoba perjuangan baru. Atau ada orang yang mau memulai sebuah urusan ekonomi waralaba yang kelak ia harapkan bila perjuangan sudah mapan dapat keluar dari pekerjaan di kantornya. Selain itu , ada juga orang yang membuka perjuangan waralaba karena murni ia mau banting stir berprofesi sebagai pengusaha. Dll.

Sekarang yang menjadi pertanyaan yang harus anda jawab yakni apa tujuan anda memulai perjuangan waralaba? Yang perlu diperhatikan yakni jangan pernah memilih memulai sebuah urusan ekonomi waralaba disebabkan untuk memperoleh uang semata. Disebabkan menjalankan sebuah perjuangan ada resiko untung dan rugi. Ada saatnya mengalami kerugian dan saatnya untung besar. Tidak mirip seorang karyawan yang menerima gaji bulanan secara tetap walaupun perusahaan sedang mengalami kerugian. Oleh karena itu , bila anda hendak berbisnis maka mulailah memilih perjuangan waralaba karena passion dan niat yang baik.

Memahami Resiko Bisnis Waralaba
Melihat dengan terang resiko dari sebuah perjuangan waralaba. Dalam hidup ini tidak terlepas dari yang namanya resiko. Begitupula dalam urusan ekonomi franchise memiliki tingkat resiko tersendiri. Seseorang yang mengambil perjuangan waralaba sama dengan membeli sebuah perjuangan yang mempunyai resiko untung atau rugi. Memilih waralaba baru yang belum dikenal orang akan memiliki resiko gagal lebih besar ketimbang urusan ekonomi franchise yang telah lama mapan , laris manis dan dikenal banyak orang. Oleh alasannya itu , sebelum memulai sebuah perjuangan waralaba hendaknya ia mencari informasi secara rinci mengenai waralaba tersebut. Seperti berapa persen orang yang gagal setiap tahun dalam urusan ekonomi franchise tersebut. Apabila orang yang membeli waralaba itu gagal sekitar 20 persen lebih pertahun maka ada yang salah dengan franchise itu. Maka tinggalkanlah perjuangan waralaba itu karena sulit bagi seorang pemula untuk sukses.

Jangan Membeli Waralaba secara Emosional
Pesan penulis jangan pernah membeli franchise disebabkan faktor emosional dan subjektifitas. Misalnya teman menggemari makanan donat kemudian secara cepat tanpa perhitungan apapun membeli waralaba donat tanpa memperhatikan perkembangan situasi industri masakan donat sekarang ini. Selain itu , anda perlu menghindarkan diri dari waralaba yang cuma mempunyai satu barang atau produk. Sebab hal ini menimbulkan ketergantungan kita pada satu barang. Dan itu riskan sekali melihat sangat tinggi tingkat persaingan perjuangan belakangan ini.

Jangan Pilih Waralaba yang Butuh Banyak Karyawan
Jangan pernah membeli waralaba yang memerlukan banyak pegawai. Karena hal itu akan memakan dana operasional perjuangan , biaya tetap dan dana produksi menjadi kian tinggi. Usaha yang baik yakni perjuangan yang ramping dan tak terlalu banyak karyawan. Apabila banyak karyawan selain resiko biaya tetap membengkak juga mampu menyebabkan kesalahan insan berpeluang sangat besar terjadi. Oleh alasannya itu , sangat mengagumkan bila teman membeli sebuah franchise yang telah memakai sistem komputerisasi atau mesin yang tidak mengandalkan banyak manusia.

Jangan Membeli Waralaba yang Tersangkut Hukum
Tidak membeli waralaba yang sedang bermasalah dengan hukum. Untuk mengetahuinya anda mampu menyelidikinya dari banyak sekali informasi yang ada mengenai reputasi waralaba tersebut.

Memilih perjuangan waralaba yang sempurna dan terbaik yakni yang mapan dan laris manis diserbu para pembeli. Kalau mampu cari yang biaya investasi yang ditawarkan sangat terjangkau dan cukup murah.

Daftar Usaha Franchise Terlaris
Berikut ini daftar waralaba yang terbukti menguntungkan dan laku keras yang mampu teman pilih , antara lain :

Franchise Pizza Hut
Anda tentu sudah mengenal masakan pizza ? Dan anda juga pastinya sudah familiar dengan waralaba Pizza Hut? Waralaba yang menyediakan Pizza dengan rasa enak , lembut rotinya , lezat yang membuat banyak orang yang mencicipinya jadi ketagihan. Pizza Hut merupakan merek dagang yang sangat kuat dan tersohor di Indonesia bahkan seluruh dunia. Jika kebanyakan insan di Indonesia disuruh memikirkan pizza maka yang terlintas dalam benak mereka yakni Pizza Hut. Hal itu menunjukan begitu kuatnya brand Pizza Hut. Jika teman tertarik untuk membuka perjuangan waralaba Pizza Hut , modal investasi yang diharapkan sekitar 297.000 US Dolar.

Dunkin’ Donuts
Siapa sih yang tak mengenal waralaba Dunkin Donuts? Semua orang sudah pasti mengenalnya minimal mendengarnya sebagai sebuah waralaba yang khusus menyediakan masakan donat yang sangat enak , empuk dan nikmat dengan banyak sekali toping rasa dan warna serta variasinya yang sangat lengkap. Ada donat berukuran mini yang diperuntukkan bagi anak-anak. Dan ada juga donat ukuran besar bagi orang dewasa. Donat merupakan salah satu jenis makanan yang mempunyai ciri khas tengahnya bolong dan sangat disukai anak-anak sampai orang dewasa. Dengan pangsa pasar yang besar perusahaan yang didirikan tahun 1950 ini semakin berkembang pesat sampai sekarang. Jika anda selama ini menjadi konsumen Dunkin Donuts , mulai kini tidak ada salahnya menjelma seorang pebisnis dunkin donats. Untuk menjadi mitra waralaba dunkin donuts , teman diharuskan mempunyai lokasi perjuangan yang strategis serta menyiapkan modal investasi sekitar 989 ribu US dolar.

KFC Corp
Waralaba ayam goreng yang telah mapan dan sukses serta sudah terkenal ke seluruh dunia ini didirikan oleh Harland Sanders di kawasan Kentucky USA pada tahun 1930. Dalam waktu singkat , waralaba KFC telah tersebar di 80 negara di dunia termasuk Indonesia. Menu andalan yang disajikan dalam restoran KFC yakni serba ayam semisal fried chicken dengan rasa nikmat , lezat , enak dan renyah. Jika anda berminat untuk membuka perjuangan franchise KFC di Indonesia maka modal perjuangan yang diharapkan sekitar $1.300.000.

Minimarket Circle K
Usaha minimarket merupakan jenis perjuangan yang menguntungkan termasuk Circle K. Telah banyak brand minimarket yang terkenal di tanah air yang semuanya laris manis mirip alfamart , indomart , yomart , dan yang terakhir circle k yang buka  secara non stop 24 jam. Untuk memperluas pangsa pasar Waralaba Circle K menyampaikan paket kemitraan perjuangan dengan sistem waralaba. Apabila teman tertarik membuka perjuangan minimarket Circle K maka modal perjuangan yang diharapkan meliputi tempat atau lokasi perjuangan yang strategis , dan modal awal yang harus dipersiapkan sekitar 211.000 US dolar.
"